Hasil Pengamatan Asteroid 2012 DA14 Saat Melintas di Bumi, 16 Februari 2013

Sabtu 16 Februari 2013 pagi dini hari sebuah asteroid seukuran separuh lapangan bola melintas dekat dengan bumi kita. Tim Teleskop Virtual atau Virtual Telescope Project yang bermarkas di Italia berhasil mengabadikan Asteroid 2012 DA14 dengan menggunakan teleskop robotik Planewave 17″ yang secara otomatis dapat dikendalikan melalui komputer. Dalam pencitraan ini setidak nya 17 gambar telah diambil untuk kemudian dibuat menjadi sebuah timelapse dengan interval eksposur selama 3 detik.

Jika anda melihat video ini akan tampak titik putih berkelap-kelip ditengah gambar yang tak lain adalah Asteroid 2012 DA14 yang melintas sangat cepat. Saking cepat nya asteroid 2012 DA14 melintas di angkasa, mounting teleskop yang seharus nya bergerak untuk mengamati bintang-bintang, mau tidak mau harus disesuaikan dengan kecepatan dari asteroid yang melintas. Hal ini dilakukan agar dalam pencitraan asteroid 2012 DA14, teleskop berhasil mendapatkan citra asteroid dalam bentuk sebuah titik bukan sebuah garis. Alhasil bintang-bintang di sekeliling asteroid yang seharus nya berbentuk sebuah titik harus berwujud seperti garis putih yang memanjang sebagai akibat dari dipercepat nya kecepatan tracking teleskop. Dalam tayangan ini agar kualitas gambar tidak berkurang maka timelapse dibuat dengan format gambar bergerak atau GIF.

Foto Asteroid 2012 DA14 dengan menggunakan teleskop robotik planewave 17″. Credit : Gianluca Masi, 2013.

Video Credit : Gianluca Masi – The Virtual Telescope Project, Ceccano (FR) Italy
(Kapasitas Gambar Bergerak: 11,7 MB)

Source :  kafeastronomi.com ( virtualtelescope.eu )

2 thoughts on “Hasil Pengamatan Asteroid 2012 DA14 Saat Melintas di Bumi, 16 Februari 2013

    • Galery ilmiah says:

      Bukan Mba, kemaren ada 2 asteriod, yang satu DA14 itu hanya melaintas di dekat bumi, dan yang kedua berhasil menembus atmosfir bumi dan tidak terdeteksi kedatanganya itulah yang menghantam Rusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s