Melihat Bintang Dari Dasar Sumur Di Siang Hari

Mungkin sudah banyak di antara kita yang pernah membaca tulisan seperti judul di atas. Bagi yang belum pernah, cobalah cari di internet dengan menggunakan kata kunci ‘melihat bintang dari dasar sumur’. Kita akan temukan bahwa kebanyakan hasil pencariannya berasal dari ulasan ‘fakta-fakta menarik di dunia’. Tidak ada satupun yang menjelaskan mengapa hal tersebut dapat terjadi. Betulkah kita bisa melihat bintang dari dasar sumur di siang hari?

Untuk menjawabnya, kita harus terlebih dahulu tahu mengapa langit di siang hari begitu terang sehingga kita tidak bisa melihat bintang-bintang. Penyebabnya adalah adanya penghamburan cahaya Matahari oleh partikel-partikel di atmosfer yang disebut hamburan Rayleigh. Hamburan ini ditimbulkan oleh partikel-partikel yang lebih kecil dari panjang gelombang cahaya tampak. Dan karena warna biru memiliki panjang gelombang terkecil di daerah cahaya tampak, maka yang lebih banyak dihamburkan di atmosfer adalah warna biru. Oleh karena itulah langit kita berwarna biru.

Langit penuh warna di kala senja (Sumber: wikipedia).

Pengaruh lain dari hamburan tersebut adalah kita melihat langit berwarna kemerahan di kala fajar dan senja saat Matahari masih berada dekat horison dan Bulan tampak kemerahan ketika mengalami Gerhana Bulan Total. Warna merah itu adalah warna yang ‘tersisa’ setelah warna biru dari cahaya Matahari dihamburkan atmosfer. Dan apabila kita melihat langsung ke arah Matahari, cahaya dengan panjang gelombang yang lebih panjang dari biru tadilah yang akan terlihat sehingga Matahari tampak kekuningan. Sedangkan bila kita berada di luar angkasa, Matahari akan tampak putih.

Langit tampak biru dan merah (Sumber: math.ucr.edu)

Lalu apakah dengan masuk ke dalam sumur yang dalam kita jadi bisa melihat bintang-bintang di siang hari? Tidak semua bintang, hanya bintang terang seperti Sirius dan dalam keadaan atmosfer yang sangat baik/cerah. Tentunya apabila kita dapat melihat semua bintang di siang hari, maka pasti ada banyak observatorium yang dibangun di bawah tanah. Mengamati langit dari dalam sumur tidak meniadakan efek hamburan Rayleigh, hanya mengurangi sedikit saja. Apabila kita ingin mengamati bintang di siang hari, sebaiknya kita pindah ke tempat yang tidak memiliki atmosfer seperti Bulan. Jangan malah masuk ke sumur yang dalam. duniaastronomi.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s