Apa Itu Mirrorless Camera ( Camera Mirrorless )

Mirrorless Camera – Apa itu Mirrorless Camera, yakni merupakan sebuah terobosan terbaru di dunia photography. Kalau biasanya kamu sering sekali mendengar DSLR (Digital Single Lens Reflect) atau biasa yang disebut dengan kamera professional kemudian kamera pocket atau kamera saku atau kamera yang mempunyai kemudahan dalam pengoperasiannya dan ditujukan kepada kelas pemula dalam bidang fotografi, lalu mirrorless lahir dengan konsep yang menggabungkan kedua jenis kamera tersebut yakni pocket dan dslr sehingga mirrorless memiliki hasil dslr dengan body pocket.

Lalu pengertian dari Mirrorless Camera itu apa ?

Untuk mendalami pengertian Mirrorless Camera ini kita harus memahami dulu prinsip kerja DSLR Camera. Prinsip kerja DSLR camera adalah ketika lensa menangkap cahaya masuk kedalam tabung lensa, dipantulkan oleh cermin/mirror ke prisma dan ditangkap oleh viewfinder/jendela bidik. Saat tombol shutter (rana) pemotretan dilakukan cermin terangkat dan cahaya dilanjutkan sampai menggapai sensor.

Nah berbeda dengan Mirrorless Camera, kamera ini bekerja tanpa cermin pemantul/prisma, sehingga kamera bisa lebih kompak. Cahaya yang melalui lensa ditangkap oleh sensor dan langsung tampil di LCD. Jadi prinsip kerja Mirrorless Camera lebih pada sensor. Jadi pada dasarnya sistem kerja dari Mirrorless ini hampir sama dengan DSLR

Sejarah Mirrorless :

Kamera digital jenis ini mulai berkembang pesat pada sekitar tahun 2008. Saat itu Panasonc mengembangkam sistem Micro Four Thirds dengan produk pertama adalah kamera Panasonic Lumix DMC-G1, yang dirilis di Jepang pada Oktober 2008. Sebelumnya sebetulnya sudah ada Leica M8 (diluncurkan September 2006). Cuma Leica meluncurkan M8 dengan pasar khusus karena Leica memakai sensor besar dan dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Selanjutnya Ricoh, Olympus dengan produk populernya yang bernama PEN Olympus E-P1 (diumumkan Juni 2009). PEN ini menjadi awal dari berkembang pesatnya mirrorless. Samsung menyusul dengan The NX10 (Januari 2010). Kemudian ada Sony dengan Alpha NEX3 & NEX5 (diumumkan 14 Mei 2010). Masuknya Sony ke pasar mirrorless membuat pasar kamera jenis ini lebih berkembang dahsyat.
Belakangan, produsen kamera besar Nikon juga membuat produk kamera Mirrorless. Sebagai langkah awal Nikon meluncurkan dua tipe kamera yaitu Nikon V1 dan Nikon J1. Bukan tidak mungkin Nikon akan terus mengembangkan teknologi mirrorlessnya. Bahkan Pentax baru-baru ini mengeluarkan kamera mirrorless dengan ukuran paling kecil dari kamera mirrorless yang lain. Besarnya kurang lebih sebesar Blackberry Gemini. Produk Pentax ini diberi nama Pentax Q. originally taken from sueswit.com

Diyakini, Mirrorless Camera akan menjadi trend dalam waktu dekat ini dan bisa juga mengalahkan kejayaan DSLR, namun yang perlu diperhatikan dalam pembelian atau memiliki Mirrorless Camera adalah Sensor yang digunakan, karena kualitas gambar pada Mirrorless Camera akan sangat ditentukan sekali oleh kualitas sensor, semakin besar atau bagus sensor maka hasil yang dihasilkan akan seperti DSLR pada umumnya.

Terobosan yang dikeluarkan Sony pada Sony Nex akan membuat perubahan itu menjadi nyata, karena Sony Nex telah menggunakan sensor yang sama dengan DSLR SONY ALPHA (DSLR APSC), sehingga memungkinkan sekali Sony Nex mempunyai hasil yang sama dengan kualitas DSLR dari Sony Alpha.

Lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya bagaimana dengan lensa dan peralatan yang lain untuk mendukung proses pengambilan gambar, Sony juga telah menjawab ini, dengan menyediakan berbagai macam lensa khusus untuk E-Mount mulai dari kit SEL 18-55 f/3.5-5.6 Zoom Lens, SEL 16 f/2.8 Wide Angel, SEL 30mm Macro lens, SEL 55-210mm f/4.5-6.3 Tele Lens dan tentunya masih banyak lagi, dan yang paling menarik adalah, kamu juga bisa menggunakan berbagai lensa dari berbagai merk mulai dari Nikon, Canon, Leica, Voightlander dsb dengan menggunakan lens adapter untuk mounting E-Mount.

Keuntungan menggunakan Mirrorless Camera :
1. Desain yang menarik, simple, mudah dibawa apalagi ditambah lensa pancake seperti SEL 16mm f/2.8 dari Sony Nex maka akan sangat mudah sekali dibawa.
2. Sudah didukung untuk bisa berganti-ganti lensa sesuai dengan kebutuhan
3. Cocok sekali untuk Traveller
4. Mempunyai hasil gambar sekelas DSLR dengan sensor yang sama besar dengan DSLR juga tentunya.
5. Harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan DSLR
6. Suara shutter yang tidak terlalu berisik, memungkinkan sekali untuk candid disegala situasi *human interest*

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s