Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak

“Agar tidak mudah terbangun, Anda harus memberi kenyamanan dan mengatur jam tidurnya.”

Bagi yang memiliki bayi kecil, masalah ini pasti sudah biasa. Anda harus menyediakan tenaga lebih untuk menemani bayi hingga pagi lantaran terbangun di malam hari dan tak mau tidur lagi.


Bagaimana dengan wanita kantoran yang harus bangun pagi dan kembali melaksanakan aktivitas rutin. Gangguan kantuk karena tugas “ronda malam” pasti sangat mengganggu.

Sebenarnya Anda dapat mengatur waktu tidur si kecil yang disesuaikan dengan jam tidur orang dewasa. Atau setidaknya meminimalkan risikorewel pada malam hari dengan memberinya kenyamanan lebih.

Berikut beberapa tips yang dikutip dari ivillage, agar bayi Anda dapat tidur pulas.

1. Atur jam
Sebagian waktu dari bayi memang dihabiskan untuk tidur, seringkali mereka terbangun pada malam hari saat kita tertidur pulas. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengatur waktu tidurnya sama dengan jam tidur kita. Bangunkan bayi dari tidur pada sore hari sehingga malamnya dapat tidur dengan tenang.

2. Ruangan terang
Berikan ruang tidur bayi dengan penerangan yang cukup saat ia beristirahat di siang hari. Cahaya yang terang akan membuat jam tidur mereka menjadi lebih pendek, sehingga malamnya akan mendapatkan waktu tidur yang lebih panjang hingga pagi.

3. Makanan cukup
Berikan nutrisi yang cukup dengan lebih banyak menyususuinya pada siang hingga sore hari. Saat makanan yang dibutuhkan sudah mencukupi, bayi akan lebih nyaman ketika tidur. Jika si kecil masih sering mengalami kesulitan tidur pada malam hari, Anda dapat menyusuinya di ruangan yang tenang dengan lampu redup siang harinya.

4. Satu sisi payudara
Ketika Anda menyusui, biarkan si kecil menghabiskan ASI dari satu sisi payudara hingga habis. Hindari memindahkan posisi menyusui dari bagian kanan ke kiri atau sebaliknya. Bayi akan menyusu dengan lebih tenang, ini juga membantu Anda menyiapkan pasokan ASI jika harus meyusuinya kembali saat mereka terbangun pada malam hari.

5. Menggendong
Meski tampak selalu tidur, bayi juga membutuhkan relaksasi. Agar mereka merasa nyaman, ajak jalan- jalan di dalam rumah dengan menggendongnya. Berikan sedikit ritme lembut saat mengayunkan gendongan, hal ini sebagai transisi agar mereka cepat tertidur. Atau berikan stimulus untuk kenyamanan dia. Misalnya dengan memandikannya sebelum tidur, jika ini memang dapat memberikan rasa relaks untuk bayi Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s