Proses Lahir dan Evolusi Bulan

Bulan yang selalu terlihat ‘setia’ mengitari bulan, sepertinya tidak pernah berubah sejak dulu: dingin dan tak berkehidupan. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mencoba memberikan gambaran bagaimana evolusi bulan dalam 4,5 miliar tahun.

Dalam video berdurasi sekitar 3 menit itu, setiap lekuk wajah bulan dipahat oleh tumbukan pecahan-pecahan asteroid dan benda langit lainnya. Video ini juga memberikan perspektif bagaimana puing benda cair menjadi bola abu-abu, satelit yang kita lihat saat ini.

Video ini dibuat untuk merayakan Lunar Reconnaisssance Orbiter NASA yang ke-1.000.

“Dari tahun ke tahun, bulan sepertinya tidak pernah berubah,” demikian rilis NASA, seperti dikutip dari Dailymail. Kawah dan lekuk bulan lain tampak permanen saat ini. Tapi, bulan tidak selalu demikian.

Berkat Lunar Reconnaissance Orbiter NASA, “Kita bisa melihat sejarah bulan lebih baik lagi.”

Bulan diperkirakan terbentuk ketika sebuah planet sebesar Mars menghantam Bumi, 4,5 miliar tahun lalu. Tumbukan ini melempar miliaran ton materi panas ke luar angkasa.

Sejak itu, permukaan cikal bakal bulan ini dihantam dan dirobek asteroid dan benda langit lainnya hingga terbentuklah bulan dengan wajah yang kita tahu saat ini.

Lihat Video 

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s