Motifasi : Orang-orang yang Tertinggal Hanya Melihat Esok Hari

weheartitDua orang perempuan muda yang baru lulus sekolah, Chuan dan Jing bekerja pada sebuah perusahaan grosir. Keduanya bekerja sangat keras.

Setelah beberapa tahun, Jing dipromosikan ke bagian eksekutif penjualan, sedangkan Chuan tetap bekerja sebagai staff biasa.

Suatu hari Chuan tidak tahan lagi, ia pun mengajukan pengunduran diri dan mengeluh bahwa manajernya tidak menghargai staff yang bekerja keras. Dan hanya mempromosikan karyawan semaunya saja.

Sementara itu, sang manajer tahu bahwa Chuan telah bekerja sangat keras untuk bertahun-tahun. Namun ia punya rencana untuk membantu Chuan menyadari perbedaan antara dirinya dan Jing.

Ia pun meminta Chuan untuk melakukan hal berikut;

Chuan, pergilah dan cari tahu apakah ada yang menjual buah semangka di pasar?”. Chuan kembali dan mengatakan, “Ada”.

Kemudian ia bertanya lagi, “Berapa harganya per kilogram?”. Chuan pergi lagi ke pasar untuk bertanya dan kembali untuk mengatakan, “Dua belas dolar per kilogram”.

Kemudian sang manajer berkata,

Chuan, tahukah apa yang terjadi ketika saya menanyakan hal yang sama pada Jing? Jing akan pergi, kembali dan berkata, ‘Bos, hanya satu orang yang menjual semangka. Harganya $ 12 per kg dan $ 100 untuk 10 kg. Penjual itu menyimpan persediaan 340 buah semangka di gudang. Yang tersedia langsung ada 58 buah. Satu buah semangka beratnya sekitar 15 kg, dibeli dua hari lalu dari Selatan. Semangka-semangka disana segar dan merah, kualitasnya juga baik’”.

Chuan terdiam. Ia tiba-tiba menyadari perbedaan antara dirinya dan Jing. Ia akhirnya memutuskan untuk tidak mengundurkan diri, dan belajar dari Jing.

Orang yang lebih sukses adalah orang yang lebih jeli, berpikir lebih dan memahami secara mendalam.

Untuk hal yang sama, orang yang lebih sukses akan melihat beberapa tahun ke depan, sementara orang yang tertinggal hanya melihat esok hari.

Kau tidak akan menang jika tidak berani berpikiran luas dan jauh kedepan.

Jadi, sudah seberapa jauh pikiranmu sekarang?

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s