Apakah Anda Takut Gelap?

gettyimagesSudah berumur kepala dua bahkan lebih, tapi masih bergidik ketika memasuki tempat gelap?

Rasa takut gelap ini sering disebut nyctophobia. Penyakit ini menguasai seseorang dan bisa  membuatnya merasa lemas dan ketakutan.

Bagi sebagian orang, nyctophobia mampu melumpuhkan sehingga tak dapat menikmati aktivitas sendirian, seperti berjalan sendirian pada malam hari, berkemah, atau bahkan tak bisa tidur tanpa lampu meja yang menemani.

Bagaimana cara mengatasi masalah phobia yang satu ini?

Logika, logika, logika!

Rasa takut itu tidak logis, dan secara alamiah emosional. Mungkin Anda sedang berbaring di tempat tidur, kemudian merasa ada bayangan di bawah tempat tidur. Apakah itu monster? Atau seseorang yang menyelinap? Ketika rasa takut datang, paksa otak untuk berpikir rasional. Segera nyalakan lampu dan periksalah. Mungkin hanya salah satu dari barang Anda yang jatuh disana.

Latih penglihatan saat malam hari

Ketika baru masuk dari ruangan yang terang ke ruangan yang gelap, penglihatan Anda akan lumpuh sebentar. Namun, secara perlahan akan mulai dapat menangkap objek-objek yang ada.

Coba lakukan ini; matikan lampu dan kenali satu-satu barang-barang di ruangan Anda. Ketika kemampuan penglihatan Anda meningkat, rasa takut gelap ini akan berkurang dengan sendirinya.

Lakukan hal menyenangkan sebelum tidur

Membaca buku, nonton dvd favorit atau mendengarkan lagu sebelum tidur bisa menenangkan pikiran Anda. Hindari hal-hal negatif seperti membaca atau menonton film horor sebelum tidur.

Meditasi

Meditasi sebelum tidur dirasakan banyak orang dapat membuat tubuh dan pikiran jadi rileks, serta membantu melepaskan ketegangan dan mengatasi takut. Dan jangan lupa, berdoa juga membantu kita merasa dilindungi dari lingkungan sekitar.

Ketika Anda merasa lemah karena rasa takut, ingatlah ini; pemberani bukanlah orang yang tidak punya rasa takut sama sekali, melainkan orang yang sanggup mengatasi rasa takutnya.

(Berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s