Rahasia Kecil Logo Gmail

Nyaris semua orang pasti pernah merasakan kerja di bawah tekanandeadline. Tak terkecuali Dennis Hwang, desainer Google yang bertugas mendesain logo Gmail.

“Logo ini diciptakan satu malam sebelum Gmail diluncurkan,” ujar Kevin Fox, mantan desainer Google, seperti dikutip dari The Verge, Jumat, 27 Januari 2012.

Fox juga menyebutkan bahwa Hwang merupakan desainer yang bertanggung jawab terhadap seluruh desain doodle yang dikeluarkan Google dan juga berbagai logo baru Google sekitar tahun 2004.

“Kami begadang sampai larut malam. Aku dan Sergey (Sergey Brin, penemu Google) mengawasinya menyelesaikan logo ini,” ujar Fox menambahkan.

Selain rahasia kecil ini, terdapat fakta lain yang menarik soal logo ini, yaitu ditulis dalam dua jenis huruf. Huruf “G” ditulis dengan huruf Catull, dan huruf “mail” dengan huruf Myriad Pro.

Ternyata alasan di balik penggunaan dua jenis huruf ini karena Catull memiliki bentuk huruf “a” yang aneh. Namun huruf G dari Catull yang ikonik tetap digunakan karena merupakan ciri khas raksasa mesin pencari ini.

Gmail merupakan layanan email gratis yang dimiliki Google sejak April 2004. Google mengumumkan  hingga kuarter terakhir 2011 tercatat lebih dari 350 juta pengguna layanan ini.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s