Cara Dunia Merayakan Malam Pergantian Tahun

Dalam kebudayaan Barat, malam pergantian tahun Baru biasanya dirayakan dengan pesta-pesta dan acara berkumpul bersama kerabat, teman, atau keluarga.

Di sejumlah kota besar di dunia, malam Tahun Baru dirayakan dengan pesta bersama di lapangan terbuka untuk menanti detik-detik pergantian tahun. Seperti apa, cara dunia merayakan tradisi tersebut?

Australia

Di Negeri Kanguru ini, para warga menikmati pesta kembang api terbesar di dunia pada malam Tahun Baru. Di Dubai, para warga terkagum-kagum memandangi pagelaran kembang api dan sinar laser spektakuler di Burj Khalifa, gedung tertinggi di kawasan tersebut.

Inggris

Masyarakat dapat menikmati pesta kembang api dari tepi Sungai Thames. Sementara itu, di Madrid, Spanyol, ribuan orang ambil bagian dalam kegiatan tradisi “Las Uvas”, yang secara harfiah berarti anggur. Pada tradisi tersebut, massa memakan anggur ketika dentang jam berbunyi sebanyak 12 kali yang menandakan pergantian tahun.

Estonia

Di Estonia, negara ke-17 di Benua Eropa yang menggunakan mata uang euro, Perdana Menteri Andrus Ansip menandai pergantian tahun dengan menarik sejumlah uang tunai dalam bentuk euro di sebuah ATM.

Taiwan

Sebuah kembang api yang membentuk naga dinyalakan. Kembang api ini dikatakan sebagai yang terbesar di Taiwan, dan pembuatannya menelan biaya US$2 juta atau sekitar Rp18 miliar.

New York, Amerika Serikat

Sementara itu, di Negeri Paman Sam, sebuah bola besar tradisional ditampilkan di Lapangan Times Square untuk menandai awal 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s