Pendiri Google Suntik Dana Rp 4,5 Miliar ke Wikipedia

WIKIPEDIA

Wikipedia, ensiklopedia terbuka di bawah naungan Wikimedia Foundation, mendapatkan banyak dana dari banyak pihak untuk menutupi segala biaya operasional mereka. Salah satu bantuan yang datang adalah dari salah satu pendiri Google, Sergey Brin.

Sergey Brin dan istrinya, Anne Wojcicki, memiliki sebuah yayasan yang diberi nama The Brin Wojcicki Foundation. Melalui yayasan ini, Brin dan istrinya menghibahkan dana sebesar 500.000 dollar AS (sekitar Rp 4,5 miliar) kepada Wikimedia Foundation. Dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan operasional Wikipedia, seperti maintenance server, pengelolaan bandwidth, dan juga gaji karyawan.

Di paruh kedua November 2011, Wikimedia Foundation kembali menggelar penggalangan dana untuk Wikipedia dan situs-situs lain yang mereka kelola. Penggalangan dana tahunan ini telah dimulai sejak delapan tahun lalu. Pada tahun 2011, penggalangan dana pada hari pertama telah berhasil mengumpulkan 1,2 juta dollar AS. Salah satu pendonor yang diumumkan adalah Sergey Brin.

“Ini adalah tentang bagaimana orang menggunakan layanan kami lalu ikut membantu membayar biaya operasionalnya bersama-sama. Kami ingin menjadikan Wikipedia sebagai milik bersama sehingga Wikipedia bisa menjadi sesuatu yang berguna bagi diri mereka sendiri dan bagi orang lain di seluruh dunia. Saya berterima kasih kepada Sergey Brin dan Anne Wojcicki atas dukungan terhadap apa yang kami lakukan,” ungkap Sue Gardner, Executive Director Wikimedia Foundation.

Berdasarkan data dari comScore pada Oktober 2011, pengunjung Wikipedia saat ini mencapai 477 juta unique visitors dari seluruh dunia. Hal ini yang menempatkan Wikipedia sebagai situs web kelima yang paling sering dikunjungi di dunia. Meski begitu, Wikimedia Foundation tidak pernah berniat untuk menjadikan situs web ini sebagai ajang komersial dengan memasang iklan.

Selain untuk Wikipedia, Brin Wojcicki Foundation pernah memberikan sumbangan dana untuk Michael J Fox Foundation, yang melakukan penelitian terhadap penyakit parkinson. Selain itu, yayasan ini juga telah memberikan dana kepada Electronics Frontier Foundation, sebuah grup yang memperjuangkan hak asasi manusia di dunia digital.

Sumber: wikimediafoundation.org, bits.blogs.nytimes.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s