Candi Kalasan

Candi Kalasan adalah sebuah candi Buddha berumur sangat tua, tertua di Yogyakarta, yang letaknya berada di Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 2 km jaraknya dari Candi Prambanan. Dari Jalan Raya Solo – Yogya, kami belok kiri dan masuk sekitar 50 meter, untuk sampai ke jalanan di samping Candi Kalasan. Candi Kalasan ini saya kunjungi selepas dari situs Keraton Ratu Boko.

Candi Kalasan
Inilah Candi Kalasan yang tembok batu kelilingnya berbentuk bujur sangkar dengan masing-masing sisi selebar 45 meter, dan tinggi Candi Kalasan ini adalah 34 meter. Di sekeliling Candi Kalasan, menurut catatan, memiliki stupa setinggi 4,6 meter sebanyak 52 buah, namun belum juga direkonstruksi karena banyaknya batu yang telah hilang.

Candi Kalasan
Ukiran Kala tanpa rahang bawah berwarna keputihan, dengan ornamen halus dan indah, di atas cekungan di salah satu sisi luar Candi Kalasan. Prasasti Candi yang ditemukan tidak jauh dari Candi Kalasan, bertarikh 778, menyebutkan tentang dibuatnya sebuah bangunan suci untuk menghormati Bodhisattva wanita, Tarabhawana, dan sebuah vihara bagi para pendeta. Candi yang disebut dalam prasasti itu diduga adalah Candi Kalasan, sedangkan viharanya diduga adalah Candi Sari.

Candi Kalasan
Ukiran Kala hitam keputihan yang juga tanpa rahang bawah pada sisi lain Candi Kalasan, dengan hiasan kuncup bunga, dedaunan dan sulur-suluran. Warna keputihan itu berasal dari lapisan sejenis semen kuno yang disebut vajralepa atau bajralepha. Konon yang memerintah pembangunan Candi Kalasan adalah Maharaja Tejapurnapana Panangkaran (Rakai Panangkaran) dari Dinasti Syailendra.

Candi Kalasan
Sebuah makara di ujung tangga masuk di Candi Kalasan.

Candi Kalasan
Hari sudah mulai agak sore ketika berada di Candi Kalasan, sehingga saya hanya berkeliling dari luar candi tanpa mencoba masuk ke sebuah ruangan yang berada di bagian tenggara Candi Kalasan. Di ruangan tersebut kabarnya terdapat sebuah singgasana berhiaskan ornamen singa yang tengah berdiri di punggung seekor gajah.

Candi Kalasan

Jl. Raya Yogya Solo Km 14
Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan,
Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Sumber : http://thearoengbinangproject.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s