Anggrek Indonesia Banyak Dicuri

[028 various orchids.jpg]Keragaman spesies anggrek yang dimiliki Indonesia justru kerap diabaikan oleh pemerintah setempat. Tak heran, banyak anggrek lokal yang dicuri dan dikembangkan di luar negeri.

“Banyak anggrek kita dicuri dan dibawa ke luar negeri. Saat ini kan mudah, tinggal bawa batangnya saja lalu dikembangkan dengan kultur jaringan,” ujar Riantini Wanandi, Ketua Bagian Promosi dan Produksi Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI), Minggu (23/10/2011).

Di Indonesia, diperkirakan terdapat ribuan spesies anggrek yang 500 di antaranya bernilai komersial. Kendati demikian, dokumentasi bahkan konservasi beberapa spesies anggrek yang endemis bisa dikatakan minim.

Untuk menyebut salah satunya, Phalaenopsis amabilis var celebica sebagai plasma nutfah Sulawesi justru terancam oleh pertambangan nikel di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Sebagai langkah awal, PAI tengah mendokumentasikan keragaman anggrek di semenanjung Sulawesi. Namun, ke depan dibutuhkan strategi konservasi yang efektif.

“Saat ini, fokus pemerintah tentu bukan anggrek, tetapi pangan. Jadi sulit untuk mengembangkannya,” ujar Riantini.

Padahal, anggrek bisa menyejahterakan petaninya jika diseriusi. Harganya yang relatif mahal membuat pasar bunga ini terbatas namun selalu ada. Petani juga bisa memproduksi bibit untuk memenuhi permintaan luar negeri.

Di Sulsel, saat ini terdapat Kebun Bunga Rania di Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, yang dikelola Mufidah Jusuf Kalla. Kebun seluas 2.000 hektar ini memfokuskan diri pada upaya kawin silang anggrek bulan. Dari kebun ini juga diharapkan dapat dihasilkan bibit yang akan dijual dengan harga rendah kepada petani.

Sumber : http://sains.kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s