Forum Ilmuwan Prediksi Iklim 16 Bulan Mendatang

Can scientists look at next year's climate?
Ilmuwan atmosfer UCLA mengklaim telah dapat membuat prediksi iklim sampai dengan 16 bulan ke depan. Rentang waktu itu mendekati dua kali lipat dari prediksi yang bisa dibuat pakar iklim sebelumnya.
Michael Ghil, seorang profesor di bidang dinamika iklim dari UCLA Department of Atmospheric and Oceanic Studies, merupakan peneliti senior dalam riset prediksi iklim tersebut. Menurutnya, beberapa kondisi iklim dapat diperkirakan berdasarkan data di area yang luas dan dalam rentang waktu yang panjang.
Dalam melakukan studinya, Ghil bersama koleganya di UCLA Michael Chekroun dan Dmitri Kondrashov dari department of atmospheric and oceanic sciences menganalisis tempreatur permukaan laut secara global.
Sebagaimana yang biasa dilakukan dalam riset serupa, Ghil dan koleganya menggunakan data iklim selama lima tahun terakhir dan menguji prediksi mereka secara retrospektif. Misalnya, mereka menggunakan data iklim dari tahun 1950 sampai tahun 1970 untuk membuat prediksi pada Januari 1971, Februari 1971, dan seterusnya serta mengamati seberapa akurat prediksi yang mereka buat. Hasilnya, akurasi prediksi mereka dalam jangka waktu 16 bulan ke depan lebih akurat dibandingkan ilmuwan lainnya yang meleakukan prediksi untuk jangka waktu 8 bulan.
Prediksi iklim dalam jangka panjang akan sangat membantu dalam mengantisipasi El Nino lebih dari setahun sebelum fenomena itu terjadi. Hasil studi Ghil dan koleganya dipublikasikan secara online di Proceedings of The National Academy of Sciences dan akan segera dipublikasikan pula dalam edisi cetak jurnal yang sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s