Dilantik jadi Wabup GK, Immawan malah dibacakan SK pemberhentian

20110729143407_LOGO_GUNUNGKIDUL.JPG

GUNUNGKIDUL—Pelantikan Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi hari ini, (29/7), diwarnai kesalahan dalam tata laksana rapat paripurna istimewa DPRD. Pelantikan Wabup justu dibacakan SK Mendagri tentang pemberhentian wakil bupati yang pernah dibacakan semasa pengangkatan Badingah menjadi Bupati melalu proses pemberhentian dari wakil bupati, Maret lalu.

Pandangan tak mengenakkan ini datang saat Sekretaris DPRD I Ketut Santosa tampil di podium paripurna berniat membacakan SK pengesahan pengangkatan wakil bupati Gunungkidul. Kontan, kesalahan baca SK ini menjadi perhatian para pejabat provinsi DIY yang hadir dan tamu kehormatan lainnya. Kesalahan pembacaan SK ini baru disadari Ketut setelah pembacaan hampir selesai.

Kontan, Ketut yang terlihat terkejut menemukan kata pemberhentian ini langsung menghentikan pembacaan dan langsung sopntan berkali-kali meminta maaf kepada hadirin. Suasana janggal ini, lantas berubah jadi suasana kalut yang tampak beberapa anggota sekwan lalu lalang keluar masuk ruangan paripurna.

Setelah beberapa menit mencari SK Mendagri, di ruang protokoler SK baru yang masih utuh disimpan sampul tertutup ini diserahkan staf kepada Ketut untuk dilanjutkan kembali pembacaan SK Mendagri nomor 132.34-536 Tahun 2011 tertanggal 12 Juli 2011 tentang pengesahan pengangkatan wabup Gunungkidul. “Maaf, sekali lagi maaf, ada kesalahan,” kata Ketut berulang-ulang.

Tidak lama acara pelantikan kembali lancar, Immawan Wahyudi langsung diambil sumpah dan janjinya oleh Gubernur DIY dan dilanjutkan penandatanganan SK Wabup. Namun kegaduhan di kursi hadirin kembali muncul saat acara sudah ditutup pembawa acara. Para peserta justru diminta berdiri untuk menyanyikan lagi nasional ‘Bagimu Negeri’ sebelum dilanjutkan memberikan ucapan selamat secara bergantian.

Saat dikonfirmasi Harian Jogja, Ketua DPRD Ratno Pintoyo tidak banyak berkomentar. Ia hanya mengaku kesal dengan ketidaklancaran persiapan digelarnya rapat paripurna istimewa pelantikan Wabup.

Sumber : (Harian Jogja/Endro Guntoro)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s