Si Misterius Venus Fly Trap (Dionaea Muscipula)

Pernah dengar kata ini sebelumnya? Bagi beberapa orang mungkin kata ini cukup asing, masuk kategori apakah kata tersebut… Dionaea muscipula adalah sejenis tanaman insektivora (pemakan serangga), lho kok bisa! Kalo gitu kita sama-sama aja mengenal tanaman ini lebih lanjut.

Tanaman yang misterius ini telah diketahui oleh ilmuwan tanaman selama 200 tahun. Kejadiannya konon bermula pada tanggal 2 Januari 1760, ketika Gubernur kolonial, Arthur Dobbs berjalan-jalan di hutan Carolina Utara, dia tertarik dan heran dengan keberadaan tanaman tersebut. Dia melihat bentuk tanaman aneh yang bisa menangkap serangga, antara lain lalat, kumbang, ngengat, dll, makanya tanaman ini di kasi nama Fly Trap. Kemudian pada tahun 1875 Charles Darwin, tertarik dengan Venus Fly Trap. Masih penasaran? nih gambarnya si-Venus Fly Trap(gambar 1):

gambar 1. Venus Flytrap (Dionaea Muscipula)

Daun

Venus Fly Trap memiliki daun yang berwarna hijau cerah dan tumbuh keluar dari dasar. Bagian dalamnya berwarna merah cerah. Sebenarnya trap pada tanamanVenus Fly Trap merupakan modifikasi dari daun (lihat gambar 2).

gambar 2. Daun Dionaea Muscipula

.

Bunga
Tangkai bunga dapat tumbuh sepanjang 10-25 cm, pada saat musim semi dan tumbuh membentuk cluster bunga berwarna putih yang cantik.

.

Ukuran Trap

Ukuran trap dipengaruhi oleh cahaya dan kelembapan, ukuran trap biasanya dipengaruhi oleh pertumbuhan sistem akar, karena akar berfungsi untuk mengambil nutrisi.

.

Mekanisme membuka dan Menutupnya Venus Fly Trap

Seluruh serangga yang berukuran kecil terperangkap dalam jebakan (trap), sedangkan serangga yang berukuran lebih besar seperti Belalang dan Tawon, posisi kepalanya ada diluar trap (gambar 3c). Venus Fly Trap memiliki satu set kelenjar yang terletak di dasar dekat struktur yang menyerupai rambut (gambar 3a dan 3c) yang akan mulai bekerja mensekresikan attractant ketika trap membentuk sudut 90O, sehingga ketika ada serangga yang hinggap di antara rambut-rambut tersebut, maka trap tersebut akan menutup. Didalam trap tersebut juga diproduksi cairan asam enzimatik yang akan menguraikan jaringan hidup, mengubahnya menjadi bentuk yang dapat dimakan oleh tanaman tersebut. Ketika proses pencernaan telah selesai maka trap akan membuka kembali, dan menyisakan struktur seperti rangka-sedangkan materi nitrogen telah digunakan oleh tanaman sebagai nutrisi.

Rambut-rambut yang sensitif tersebut berfungsi untuk mencegah daun menutup hanya karena tetesan air hujan, karena daun tersebut membutuhkan dua atau lebih rambut-rambut yang di-trigger agar dapat menutup, ketika daunnya tersebut menutup tanpa ada serangga didalamnya, daun akan membuka kembali dalam beberapa jam. Menurut Lloyd dalam George (1962) trap tersebut dapat menangkap 3 serangga sebelum daun berubah menjadi hitam dan mati, tapi katanya lagi kalo kita godain tanaman ini dengan menyentuh rambut tersebut dengan sikat gigi misalnya, maka daun dapat membuka dan menutup lagi selama 7 kali, so dia bisa juga marah…

gambar 3a. trap dengan rambut trigger didalamnya

gambar 3b. mangsa berada dalam trap

gambar 3c

Nah kalo udah ada pencerahan sedikit tentang siapa si Venus Fly Trap ini maka tidak heran kalo dia dinobatkan sebagai peringkat pertama dalam TOP 10 COOLEST PLANTS, dan saya sebagai perempuan lebih seneng dikasi bunga ini dibanding bunga lainnya^_^, karena misterius dan keunikkannya itu lho, yah mungkin agak aneh dibandingkan cewek pada umumnya yang seneng dikasih Bunga Mawar atau sejenisnya, but that’s me…. O ya satu lagi kalo ada info tentang dimana saya bisa mendapatkan tanaman ini, kirim info ke isluyandari[at]yahoo.com, soalnya setau saya karena tanaman ini bukan asli Indonesia, agak sulit menemukannya di pameran2 tanaman hias.

Sumber:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s